Transmisi Manual Bikin Jengkel? Ini Obatnya…

2011 March 26 at 5:22 am Leave a comment

Sumber : http://oto.detik.com/read/2011/03/03/111504/1583732/641/transmisi-manual-bikin-jengkel-ini-obatnya?o991101638

Bagi Anda yang memiliki kendaraan dengan transmisi manual mungkin sering mangalami susahnya mengganti gigi. Sepertinya para pengendara harus memperhatikan beberapa hal agar tidak terjadi itu.

Seperti yang diingatkan Adi Yoga Prasetya, Service Manager Suzuki yang berada di Warung Jati Barat No. 203, penyebab susahnya mengganti gigi persneling itu banyak sekali.

Salah satu penyebab susah mengganti transmisi itu, pada bagian penyetelan kopling dilihat dari jarak bebasnya kopling seberapa dalam.

“Selain itu para pemilik kendaraan harus memperhatikan, sudah berapa km jarak kendaraan itu menempuh. Misalnya pada jarak 60-70 ribu km atau pemakaian selama tiga tahun harus sudah mengganti kopling. Beberapa jenis kendaraan seperti Suzuki APV itu juga harus dicek kabel persenelingnya,” ujarnya.

Kepala mekanik yang murah senyum ini, kembali mengingatkan untuk kepada pemilik untuk memperhatikan juga spring hub atau per yang berada di dalam transmisi.

“Ini yang sering terlupakan, apabila spring hub di dalam tranmisi sudah lemah ini yang menyebabkan susahnya pergantian tranmisi dari gigi 3 ke 2 atau dari gigi 4 ke 3. Selain itu ini juga yang menyebabkan susahnya perpindahan dan bunyi ‘grek’. Dan apabila mengalami masalah pada transmisi gigi mundur ke transmisi awal atau satu, itu sudah pasti mengalami masalah pada setelan kopling,” ucap lelaki berkaca mata ini.

Yoga pun mengakui bahwa perpindahan transmisi netral ke gigi mundur memang agak susah, oleh sebab itu harus mengetahui cara pergantian transmisi yang benar, dan ini sering terjadi di saat pengendara ingin memarkirkan kendaraannya.

“Itu dikarenakan para pengendara tidak sabar dalam perpindahan perseneling. Hal tersebut terjadi akibat masih terdapatnya sisa putaran dari perpindahan sebelumnya, oleh sebab itu harus menenunggu beberapa saat untuk bisa dengan mudah ke transmisi mundur,” ujarnya.

Yoga pun mengingatkan untuk para pemilik kendaraan untuk mengganti pelumas secara berkala, dan yang telah direkomendasikan untuk kendaraan tersebut.

Nah untuk itu tips-tips ini sebaiknya Anda diperhatikan.

  1. Lakukanlah service berkala pada bengkel-bengkel resmi, setiap kelipatan 10.000 km atau 6 bulan sekali. Namun untuk lebih baik lagi melakukannya 5.000 km atau tiga bulan sekali.
  2. Jangan menggantungkan kaki di atas kopling.
  3. Apabila mobil sedang menanjak, jangan biasakan menginjak kopling setengah. Lebih baik menggunakan rem tangan untuk menjaga mobil tidak mundur.
  4. Pada saat perpindahan gigi satu ke gigi mundur (R), harus ke netral terlebih dahulu atau memberikan jeda terlebih dahulu, agar tidak menyisakan putaran yang masih ada.
  5. Lakukan penyetelan kabel kopling sesuai dengan spesifikasi.
  6. Untuk tipe kopling hidrolik lakukan pergantian oli hidrolik secara rutin.
  7. Sedangkan untuk kendaraan manual harus menyetel kabel kopling dengan baik.
  8. Mengganti oli persneling atau transmisi sesuai dengan spesifikasi mobil secara rutin.

Entry filed under: Pengetahuan. Tags: .

Balance Scorecard di BI Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/run/mysqld/mysqld.sock’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories


%d bloggers like this: